Hotice indonesia

Kerja online Pasti & dibayar

Sabtu, 25 Mei 2013

apa itu "Sistem operasi"




Apa itu Sistem Operasi - Sistem operasi (Operating system) adalah sebuah software atau perangkat lunak yang dirancang dan dibuat untuk mengkoordinasi kerja pada semua sistem komputer. Dengan sistem operasi (OS) ini maka kerja komputer akan menerima perintah dari papan ketik atau keyboard, membaca serta menyimpan data ke dan dari media penyimpanan data, mengatur aplikasi perangkat lunak, dan juga mengatur komunikasi antar komputer yang berbeda.

pengertian lainya yaitu seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting

pada Hardware atau perangkat keras komputer pada dasarnya sama seperti peralatan misalnya elektronik lainnya seperti televisi dan lainnya. Perangkat keras pada komputer menjadi sebuah alat yang pintar, cepat dan dengan ketelitian dan tingkat akurasi yang cukup tinggi dan tepat dalam mengolah data. Software atau perangkat lunak mempunyai peranan strategis dan sangat penting dalam keseluruhan sitem kerja komputer adalah sistem operasi.


Peranan sistem operasi secara teoritas terbagi menjadi dua, yaitu sebagai sebuah extended machine dan sebagai resource manager.


1. Sebagai extended machine, sistem operasi menghidden atau menyembunyikan rangkaian perangkat keras atau hardware yang rumit dan menjadikannya menjadi lebih sederhana dan simple bagi pemakai sistem operasi.


2. Sistem operasi sebagai resource manager, menjamin kemudahan dan kelancaran dalam pengoperasian sebuah komputer. Semua alat komputer seperti prosesor, memori, program-program, aplikasi dan alat I/O harus diatur (manage) supaya dapat bekerja sesuai dengan tugas masaing-masing alat dengan baik.


Dengan sebuah sistem operasi, pemakai tidak harus dapat memahami cara kerja mekanisme sebuah hardware. Cukup dengan memberikan perintah-perintah level tinggi yang telah ditentukan akan semakin mudah dengan adanya sebuah sistem operasi.

Tidak ada komentar: